Home » » Contoh Hukum Perdata I Kasus Hukum Perdata

Contoh Hukum Perdata I Kasus Hukum Perdata

Contoh Hukum Perdata I Kasus Hukum Perdata -Dalam artikel kali ini Blogger Indonesia akan sedikit membahas tentang Hukum perdata serta kasus dan contohnya,hukum perdata sendiri adalah Salah satu bidang hukum yang mengatur hubungan-hubungan antara individu-individu dalam masyarakat dengan saluran tertentu.

Hukum perdata disebut juga hukum privat atau hukum sipil. Salah satu contoh hukum perdata dalam masyarakat adalah jual beli rumah atau kendaraan,hukum perdata dapat digolongkan menjadi berbagai golongan yakni.

Hukum keluarga,Hukum harta kekayaan,Hukum benda,Hukum Perikatan,dan Hukum Waris(sumber)


Di bawah ini ada 3 Contoh Kasus Hukum Perdata
  • Dalam suatu rumah tangga yang sedang bermasalah dan tidak ada solusinya lagi maka jalan yang di ambil adalah perceraian. Suatu perceraian tentu saja yang mungkin menjadi salah satu jalan akhir. Perceraian tentu saja adalah larangan bagi semua agama, dan di Indonesia sebuah kasus perceraian masuk dalam kategori hukum perdata.
  • Seorang ayah yang ingin mewariskan harta bendanya ketika kelak ia meninggal tentunya akan menuliskan sebuah surat wasiat. Namun, ketika ia meninggal terjadi selisih paham antara anak-anaknya. Kemudian apabila salah satu dari anak tersebut melaporkan kepada pihak yang berwenang maka kasus tersebut termasuk dalam kasus perdata.
  • Dalam suatu gossip yang beredar dari salah satu jejaring sosial ataupun media cetak, sesorang diberitakan melakukan hal-hal yang tidak pantas. Jika seseorang tersebut merasa tersinggung dan melaporkan ke pihak yang berwajib dengan membawa bukti-bukti gossip yang beredar maka kasus tersebut kan menjadi kasus pencemaran nama baik karena gossip tersebut tidak benar. Dan kasus pencemaran nama baik termasuk ke dalam kasus hukum perdata.
Hukum Perdata menurut ilmu Hukum sekarang ini,lazim dibagi dalam 4 bagian yaitu:

1. Hukum tentang diri seseorang,memuat peraturan –peraturan tentang manusia sebagai subjek dalam hukum,peraturan –peraturan perihal kecakapan untuk memiliki hak – hak dan kecakapan untuk bertindak sendiri melaksanakanhak-hak itu serta hal-hal yang mempengaruhi kecakapan-kecakapan itu.
2. Hukum keluarga,mengatur perihal hubungan-hubungan hukum yg timbul dari hubungan kekeluargaan,yaitu perkawinan beserta hubungan dalam hukum kekayaan antara suami-isteri,hubungan antara orang tu dan anak.
3. Hukum kekayaan,mengatur perihal hubungan hubungan hukum yag dapat dinilai dengan uang
4.Hukum waris ,mengatur hal ikhwal tentang benda atau kekayaan seorang jikalau ia meninggal(sumber)

nah mungkin sedikit artikel mengenai Contoh Hukum Perdata I Kasus Hukum Perdata bisa sedikit menjelaskan mengenai hukum ini,semoga informasi ini berguna .
Thanks for reading Contoh Hukum Perdata I Kasus Hukum Perdata

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar: