Home » » Gelombang Elektromagnetik Fisika

Gelombang Elektromagnetik Fisika

Gelombang Elektromagnetik Fisika - Apa sih sebenarnya Gelombang Elektromagnetik Fisika yang banyak digunakan oleh perangkat teknologi saat ini,menurut informasi Gelombang Elektromagnetik adalah gejala listrik yang diakibatkan oleh gerak mekanik magnet pada hukum fisika.

Salah satu Gelombang Elektromagnetik Fisika yang dibuat oleh manusia adalah Sinar X ,gelombang radio,dan infra merah,gelombang ini berjalan pada frekuensi tertentu ,dibawah ini ada beberapa penjelasan dari berbagai macam Gelombang Elektromagnetik Fisika yang sering digunakan oleh manusia.

Gelombang Radio

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

Gelombang Radio

Gelombang radio merambat pada frekuensi 100,000 Hz sampai 100,000,000,000 Hz, sementara gelombang audio merambat pada frekuensi 20 Hz sampai 20,000 Hz. Pada siaran radio, gelombang audio tidak ditransmisikan langsung melainkan ditumpangkan pada gelombang radio yang akan merambat melalui ruang angkasa. Ada dua metode transmisi gelombang audio, yaitu melalui modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM).

Sinar Infra Merah 

Inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm.

Sinar Infra Merah

Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop

Adanya sistem sensor infra merah. Sistem sensor ini pada dasarnya menggunakan inframerah sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Penerapan sistem sensor infra ini sangat bermanfaat sebagai pengendali jarak jauh, alarm keamanan, dan otomatisasi pada sistem.

Adapun pemancar pada sistem ini terdiri atas sebuah LED (Lightemitting Diode)infra merah yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu membangkitkan data untuk dikirimkan melalui sinar inframerah, sedangkan pada bagian penerima biasanya terdapat foto transistor, fotodioda, atau modulasi infra merah yang berfungsi untuk menerima sinar inframerah yang dikirimkan oleh pemancar.

Sinar X

Sinar-X dikenal luas dalam dunia kedokteran sebagai sinar Rontgen. Dipakai untuk memeriksa organ bagian dalam tubuh. Tulang yang retak di bagian dalam tubuh dapat terlihat menggunakan sinar-X ini.Sinar-X berada pada rentang frekuensi 300 juta GHz (10 pangkat 17) dan 50 miliar GHz (10 pangkat 19). Penemuan sinar-X dianggap sebagai salah satu penemuan penting dalam fisika.

Sinar X

Sinar-X ditemukan oleh ahli fisika Jerman bernama Wilhelm Rontgen saat sedang mempelajari sinar katoda. Cara paling umum untuk memproduksi sinar-X adalah melalui mekanisme yang disebut bremstrahlung atau radiasi perlambatan. Mekanisme ini yang ditempuh oleh Rontgen saat pertama kali menghasilkan sinar-X.

Dalam teori radiasi gelombang elektromagnetik diketahui bahwa muatan listrik yang dipercepat (atau diperlambat) akan menghasilkan gelombang elektromagnetik. Selain melalui radiasi perlambatan, sinar-X juga dihasilkan dari proses transisi internal elektron di dalam atom atau molekul.

Gelombang Elektromagnetik Fisika ini diciptakan oleh adanya keterkaitan antara medan listrik (electric field) dengan medan magnet (magnetic field) yang saling tegak lurus (perpendicular) dalam merambat,gelombang ini sendiri telah ditemukan oleh Heinrich Hertz,yang merupakan salah satu gelombang transversal .

Diatas merupakan salah satu dari sekian Gelombang Elektromagnetik Fisika yang disebutkan,selain itu ada berbagai macam gelombang elektromagnetik lain yang ditemukan oleh ilmu fisika,dan dimanfaatkan oleh manusia sebagai salah satu teknologi untuk memudahkan manusia.nah mungkin segitu saja ya pembahasan mengenai gelombang ini,kalau sobat masih ingin lebih tahu mengenai macam macam Gelombang Elektromagnetik Fisika ,silahkan rekuest di Blogger Indonesia ,yang Insya Allah akan kami tulis.(dariberbagai sumber)
Thanks for reading Gelombang Elektromagnetik Fisika

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment